Tumbuhan digolongkan ke dalam kingdom tersendiri, yaitu kingdom Plantae. Tumbuhan memiliki karakteristik istimewa, di antaranya adalah kemampuannya untuk melakukan fotosintesis. Fotosintesis adalah suatu proses pengubahan karbon dioksida dan air melalui bantuan matahari untuk membentuk senyawa karbohidrat yang dibutuhkan oleh makhluk hidup di bumi ini.

Kingdom Plantae merupakan organisme multiseluler atau terdiri atas banyak sel. Selain itu, kingdom Plantae merupakan organisme eukariot. Terdapat ciri khas pada sel kingdom Plantae yang tidak dimiliki oleh sel kingdom Animalia. Ciri tersebut adalah adanya dinding sel yang tersusun atas selulosa. Anggota kingdom Plantae memiliki klorofil, yaitu zat hijau daun yang berfungsi dalam

proses fotosintesis. Adakah kingdom lain yang memiliki klorofil? Kingdom Plantae memiliki anggota yang bermacam-macam, ada yang merupakan tumbuhan air dan tumbuhan darat. Anggota kingdom ini dapat beradaptasi terhadap lingkungannya dengan baik.

Ciri-Ciri Kingdom Plantae

  1. Eukariot
  2. Terdiri atas banyak sel (multiseluler)
  3. Memiliki dinding sel
  4. Memiliki klorofil dan menyimpan cadangan makanan dalam bentuk
  5. amilum (pati)
  6. Mengalami pergiliran keturunan dalam siklus hidupnya.

Klasifikasi Kingdom Plantae

Tumbuhan dapat dibagi menjadi tumbuhan tidak berpembuluh (nontracheophyta) dan tumbuhan berpembuluh (tracheophyta). Tumbuhan tidak berpembuluh hidup di antara habitat air dan darat. Adapun tumbuhan berpembuluh memiliki struktur yang telah teradaptasi sempurna dengan habitat darat. Menurut Campbell (1998: 550), anggota kingdom Plantae dapat diklasifikasikan ke dalam 12 divisio, yaitu:

1. Tumbuhan tidak berpembuluh

a. Hepatophyta

b. Bryophyta

c. Anthocerophyta

2. Tumbuhan berpembuluh

a. Psilophyta

b. Lycophyta

c. Equisetophyta (Sphenophyta)

d. Pterophyta

e. Pinophyta (Coniferophyta)

f. Cycadophyta

g. Ginkgophyta

h. Gnetophyta

i. Anthophyta

Iklan