Dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin cangggih, guru dituntut untuk pandai dalam memanfaatkan segala media yang ada dalam proses pembelajaran di dalam kelas maupun di luar kelas. Melalui mata kuliah ini, saya pribadi telah memperoleh banyak hal positif yang sangat berkesan berkenaan dengan pengembangan profesi saya sebagai seorang guru Sekolah Dasar khususnya dalam hal menciptakan, mengkreasi dan memanfaatkan semua jenis media pembelajaran audio visual gerak/diam serta komputer dan internet. Namun ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian ketika kita ingin memanfaatkan salah satu jenis media pembelajaran.

Pertama, media pembelajaran hendaknya merupakan hasil karya kita sendiri. Sebagai seorang guru/mahasiswa yang telah memperoleh mata kuliah IDIK 4403 ini, dituntut untuk mampu menciptakan alat perga serta media pembelajaran yangs esuai dengan kondisi guru, siswa, sekolah dan lingkungan. Banyak alternative media yang disampaikan selama perkuliahan. Kita tinggal memilih media apa yang sesuia dengan materi yang kita ajarkan, tujuan yang akan dicapai serta kondisi siswa dan guru.

Kedua, sebagai seorang guru kita dituntut untuk mampu mnegembangkan media yang sudah ada. Membuat terobosan baru dalam penggunaan media pembelajaran. Kita di tuntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam memodifikasi media pembelajran yang ada di sekitar kita.

Ketiga, memaksimalkan pemanfaatan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi terutama adanya Personal Computer, Laptop, Notebook dan sebagainya. Dismaping itu kita juga dituntut untuk selalu memeprkaya khasanah ilmu pengetahuan kita dengan memanfaatkan jaringan internet yang sudah bersifat global/international ini. Memalui internet, kita mampu memperoleh informasi sebanyak-banyaknya yang mampu menunjang profesi kita sebagais eorang guru.

Keempat, pemilihan media pembelajaran hendaknya disesuaikan dengan Tujuan yang ingin dicapai, Karakteristik siswa/sasaran, Jenis rangsangan belajar yang diinginkan (audio, visual, gerak), Keadaan lingkungan setempat, serta Luasnya jangkauan yang ingin dilayani. Faktor-faktor tersebut harus dipertimbangkan sebelum memilih media yang akan digunakan. Dengan demikian penggunaan media mampu memperjelas pesan agar tidak terlalu verbalistis. Media pembelajaran yang digunakan mampu mengatasi keterbatasan ruang, waktu, dan daya indera, sikap pasif siswa menjadi lebih bergairah.