Lingkungan belajar sangat penting bagi siswa yang sedang tumbuh dan berkembang. Adapun lingkungan yang dapat dijadikan media belajar siswa adalah sebagai berikut :

1. Lingkungan Sekolah

Dalam hal ini misalnya di dalam kelas. Kelas dirancang semenarik mungkin dengan gambar, warna atau tulisan-tulisan yang bisa memotivasi siswa. Disamping itu, pengaturan kursi, lemari dan papan tulis harus diatur sedemikian rupa untuk keleluasaan ruang gerak. Pencahayaan dan ventilasi juga harus memenuhi standar kesehatan.

2. Lingkungan Keluarga.

Keluarga merupakan lingkungan belajar pertama karena setiap individu berasal dan tumbuh berkembang mulai dari lingkugan keluarga. Lingkungan keluarga berperan penting bagi seorang individu dalam membangun dasar kepribadiannya, pembentukan cara-cara berpikir dan berperilaku sesuai dengan norma yang berlaku. Pengalaman masa kecil yang positif di lingkungan keluarga akan membentuk kepribadian yang baik.

4. Lingkungan Masyarakat

Lligkungan masyrakat juga berperan dalam membentuk kepribadian seorang siswa. Lingkungan masyarakat yang tidak sesuai dengan norma yang berlaku, akan cenderung melanggar peraturan dan tata tertib yang diberlakukan di sekolah. Begitu pula sebaliknya. Masyarakat berperan penting dalam mendidik para siswa untuk bisa memanfaaatkan lingkungan sebagai sumber belajar